Manfaat Kulit Pisang dan Kulit Jeruk

Share this to Your Friend

Jika kamu sering membuang kulit pisang dan kulit jeruk, berarti kamu sudah membuang banyak nutrisi yang bagus untuk kulitmu. Banyak nutrisi penting yang ditemukan dalam kulit buah. Karena itu, berhentilah membuangnya dan segera gunakan untuk mendapat manfaat kesehatan dan kecantikan yang mereka tawarkan. Yuk, ketahui lebih jauh manfaat kulit pisang dan kulit jeruk serta ketahui juga bagaimana cara menggunakannya.

pisang

Kulit Pisang

Jika kamu berencana membeli pisang dan akan menggunakan kulitnya, pilihlah pisang organik. Dengan cara ini kamu tidak perlu cemas dengan tingkat pestisida pada kulit. Namun, jika kamu tidak cukup uang membeli pisang organik, kamu dapat membeli pisang non-organik dan menghilangkan pestisidanya. Caranya, campur segelas air, satu sendok makan air perasan lemon, dan satu sendok makan cuka putih kedalam wadah. Kemudian, bilaskan pada kulit pisang untuk menghilangkan pestisida.

Kulit pisang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan penting, yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Mereka juga menawarkan manfaat kecantikan dan bahkan dapat digunakan di sekitar rumah sebagai pembersih alami. Berikut adalah berbagai cara menggunakan kulit pisang.

Memutihkan Gigi

Jika kamu ingin memiliki gigi yang lebih putih, gosokkan kulit pisang pada gigi selama 1-2 menit. Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu dan kamu akan memiliki senyum yang cerah.

Penyaring Air

Studi menunjukkan bahwa kulit pisang dapat membantu menyerap tembaga dan menuntun air dari sungai, kulit pisang merupakan pilihan yang bagus untuk menyaring air.

Mengobati Gigitan Serangga

Jika kamu digigit serangga, gosokkan kulit pisang pada bekas gigitan. Ini akan mengurangi rasa gatal dan membantu menenangkan kulit.

Mengangkat Serpihan Kayu

Ketika kamu terkena serpihan kayu, tempelkan sepotong kecil kulit pisang pada bagian tubuh yang terkena serpihan. Enzim dalam kulit pisang membantu menarik serpihan keluar dan membantu penyembuhan.

Mengobati Kutil

Kulit pisang dapat membantu menghilangkan kutil dan bisa mencegah agar kutil tidak datang kembali. Caranya, gunakan perban untuk mengikat sepotong kulit pisang pada kutil. Biarkan semalam. Lanjutkan selama seminggu. Jika kamu tidak nyaman tidur dengan mengenakan kulit pisang, kamu bisa menggunakan cara lain, dengan menggosok kulit pisang pada kutil setiap hari.

Mengobati Ruam dan Luka Akibat Goresan

Kulit pisang membantu mengobati ruam dan mengurangi rasa gatal. Vitamin dan antioksidan dalam kulit pisan membantu untuk mempercepat penymbuhan luka akibat goresan.

Mengobati Kerutan

Semua antioksidan yang ditemukan dalam kulit pisang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Menggosok kulit pisang di bagian kerutan denga teratur dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Mengurangi Jerawat

Jika kamu memiliki jerawat, gosokkan kulit pisang secara lembut dibagian yang terkena jerawat untuk membantu mengurangi iritasi dan peradangan. Lakukan sebelum tidur. Kamu dapat melihat hasilnya dalam beberapa hari.

Semir Sepatu

Jika kamu memiliki sepatu kulit, cobalah memolesnya dengan kulit pisang. Kemudian, gunakan kain lembut untuk mengkilapkan sepatu.

Mengobati Sakit Kepala

Setiap kali sakit kepala, ambil kulit pisang, dan letakkan di dahi. Cara ini dapat membantu secara efektif mengurangi rasa sakit.

Mengobati Psoriasis

Kamu dapat menggunakan pisang untuk mengobati psoriasis. Gosokkan kulit pada bagian yang terkena psoriasis beberapa kali sehari. Vitamin dan mineral dalam kulit pisang membantu mengurangi gatal, melembabkan kulit dan membantu mempercepat penyembuhan. Kamu bisa melihat hasilnya hanya dalam waktu beberapa hari.

Mengembalikan Kilau Jaket Kulit

Jika kamu memiliki furnitur atau pakaian yang terbuat dari kulit yang sudah kusam, gunakan kulit pisang untuk membantu memulihkannya. Poles dengan kulit pisang dan kemudian kilapkan dengan kain lembut. Namun, sebelum menggunakannya pada jaket kulit atau sofa kulit yang mahal, cobalah dulu pada area yang kecil.

untitled

Kulit Jeruk

Jika kamu akan menggunakan kulit jeruk, cobalah membeli jeruk organik atau bisa juga non-organik dengan membersihkannya terlebih dahulu seperti kulit pisang. Kulit jeruk mengandung banyak nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan kulit.

Kulit jeruk dan kulit apel keduanya sangat mirip, karena sebagian besar nutrisi dan manfaat kulit ada pada buah tersebut. Menurut Rebecca Wood, penulis The New Whole Foods Encyclopedia, “Satu jeruk ukuran sedang mengandung lebih dari 60 flavonoid dan 170 fitonutrien yang berbeda.” Kulit jeruk bagus untuk kulit, tubuh, dan rumah. Berikut adalah beberapa cara memanfaatkan kulit jeruk.

Manfaat Kesehatan Dari Kulit Jeruk

  • Kulit jeruk rasanya pahit, namun dapat melancarkan pencernaan. Kulit jeruk membantu menghilangkan maag, gas, muntah, dan eruktasi asam. Kulit jeruk bekerja dengan baik menambah nafsu makan dan menghilangkan mual.
  • Karena sifat-sifatnya yang menenangkan, serbuk kulit jeruk membantu melarutkan dahak dalam sistem pernapasan dan meringankan batuk, asma, dll.
  • Aspek manfaat dari kulit jeruk berasal dari minyak esensial, yang memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Minyak atsiri d-limonene memiliki kemampuan untuk meredakan asam lambung dan mempertahankan pergerakan usus serta menjaga agar fungsi hati tetap normal.
  • Kulit jeruk membantu mengobati sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan, mengurangi rasa panas, dan menurunkan gas. Kulit jeruk dapat membantu meringankan mual dan muntah. Kulit jeruk jgua bekerja mengobati asma, mengurangi batuk, dan melarutkan dahak.
  • Studi telah menujukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan kolestrol dan trigliserida. Itu berarti mengonsumsi kulit jeruk sangat bermanfaat untuk orang yang mengalami obesitas yang memiliki kolestrol tinggi. Kulit jeruk memiliki flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina, yang efektif melawan kanker kolon dan osteoporosis.
  • Minyak esensial dalam kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Minyak esensial membantu menjaga pergerakan usus dan menjaga fungsi hati agar tetap normal. Beberapa peneliti merasa bahwa trigliserida yang tinggi dan kolestrol dapat diobati dengan kulit jeruk. Kulit jeruk juga dapat membantu mengurangi insomnia dan menenangkan saraf.

Manfaat Kecantikan Dari Kulit Jeruk

  • Kulit berminyak memiliki respon yang baik dengan penerapan kulit jeruk. Kulit jeruk menyeimbangkan minyak kulit dan membuat kulit halus dan lembut.
  • Kulit jeruk yang sudah dikeringkan bisa digunakan sebagai exfoliator alami dan menghilangkan komedo serta sel-sel kulit mati, membuat kulit bercahaya.
  • Kulit jeruk membantu menghilangkan noda dan bintik-bintik gelap.
  • Berkat sifat anti-jamur, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan pembersihannya, kulit jeruk bekerja dengan baik terhadap jerawat dan komedo.
  • Untuk menghilangkan bau lembab dari dalam rumah dan mengisinya dengan aroma yang indah, kamu dapat merebus kulit jeruk dalam air dengan cengkeh atau kayu manis.

Memasak Dengan Kulit Jeruk

Kamu juga bisa memasak dengan kulit jeruk, karena dapat menambah rasa untuk berbagai jenis masakan. Menambahkannnya ke makanan dapat meningkatkan jumlah vitamin c, yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meletakkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan dalam gula akan menyerap kelembaban.

  • Dalam hal memasak, kulit jeruk dapat meningkatkan rasa dan aroma dari banyak masakan.
  • Kulit jeruk kering dapat menyerap kelembaban dari gula merah.
  • Permen yang dibuat dari kulit jeruk dapat menggelitik lidah dan meningkatkan nafsu makan serta vitamin c didalamnya akan melindungi kamu dari penyakit.
nano spray

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *