8 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Perawatan Kulit Dan Kosmetik Berbahan Alami

Share this to Your Friend

Ini merupakan hal penting saat membeli produk kecantikan alami, sebab tidak semua produk kecantikan alami diproduksi sama.

Jumlah “greenwashing” (suatu tindakan korporasi tertentu yang memasarkan produknya seolah-olah alami dan sehat, meskipun pada kenyataannya sangat berlainan) terus meningkat, konsumen mulai memberi kepedulian dan perhatian lebih terhadap kandungan bahan pada produk mereka.

Oleh karena itu, anda sangat disarankan untuk membaca artikel ini.

Sebagai organ terbesar tubuh, kulit berperan penting dalam melindungi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Ketika berbicara mengenai perawatan kulit dan kosmetik, penting untuk mempertimbangkan apa yang kita berikan pada kulit, karena pada beberapa produk, bahan kimia dapat dengan mudah diserap oleh kulit dan masuk ke dalam aliran darah.

Jadi bagaimana kalau kita beralih ke perawatan kulit dan kosmetik yang lebih aman dan alami? Berikut ini 8 hal yang harus anda perhatikan dalam memilih produk perawatan kulit dan kosmetik berbahan alami.

  1. Waspada dengan Kata “Alami” dan “Organik”
    Saya sepenuhnya mendukung perawatan kulit dan produk kosmetik alami dan organik. Namun, saya mengingatkan untuk mereka yang baru saja mulai menggunakan perawatan alami agar waspada terhadap kata-kata ini pada produk kecantikan.
    Label pada kemasan bisa saja menipu. Hanya karena ada sejumlah “bahan alami” yang ditambahkan ke dalam produk, bukan berarti membuat produk tersebut bersih dan tidak beracun. Pastikan untuk membaca label terlebih dahulu dan waspada terhadap nama-nama bahan kimia. Dibawah ini anda akan menemukan beberapa bahan kimia utama yang harus anda hindari.
  2. Paraben, Polyethylene Glycol (PEG), dan beberapa bahan kimia berbahaya lainnya
    Paraben (bahan pengawet sintetis) terdapat dihampir semua produk kecantikan konvensional. Paraben terkait dengan kanker dan bersifat menggangu kerja hormon. Produk yang diberi label “alami” atau “berasal dari tumbuhan” seringkali mengandung bahan berbahaya, jadi pastikan  untuk memeriksa label kemasan sebelum menggunakan.
    Bahan kimia berbahaya lainnya, yakni PEG, telah terbukti terkait dengan kanker. PEG juga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini karena mengganggu  kelembaban alami kulit.
  3. Simbol Kelinci Melompat
    Ternyata masih banyak produsen kosmetik yang melakukan uji coba terhadap hewan. Maka dari itu, carilah produk kosmetik yang memiliki logo “kelinci melompat” atau produk yang memiliki kata “Cruelty Free”, yang berarti bebas dari penyiksaan hewan. Produsen kosmetik ini harus kita dukung.
  4. Parfum
    Menurut Skin Deep Database, parfum terkait dengan alergi, dermatitis, gangguan pernapasan dan kesehatan reproduksi, terutama ibu hamil. Berhati-hatilah.
    Bila anda sedang mencari parfum atau pelembab beraroma, carilah yang alami, seperti produk dengan campuran berbasis minyak esensial.
  5. Keefektifan
    Ada kesalahpahaman yang berlangsung lama, yakni jika terbuat dari bahan alami, maka produk tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Untungnya, sekarang banyak produsen yang telah menciptakan beberapa produk terbaik yang terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia beracun.
    Anda dapat mencarinya di toko setempat atau bisa juga dengan mencari secara online.
  6. Tanda Bintang
    Carilah tanda bintang kecil ini (*) setelah nama bahan kimia pada label. Seringkali mereka akan memberitahu anda sesuatu yang menarik. Semakin banyak, semakin baik.
  7. Nilai Merk
    Bila anda baru pertama kali beralih ke produk alami dan ingin mempelajari lebih dalam, saya sarankan untuk mengunjungi beberapa website produsen. Disana anda dapat mempelajari sumber bahan apa saja yang terkandung pada masing-masing produk.
  8. Jika ragu, periksa.
    Setiap kali anda ragu-ragu terhadap suatu produk dan bahan yang terkandung didalamnya, kunjungi website BPOM untuk memeriksa status kosmetik. Disana anda akan menemukan banyak informasi mengenai produk perawatan kulit dan kosmetik.
nano spray

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *